Wednesday 17 February 2016

MyShake Aplikasi Untuk Mendeteksi Gempa Bumi

Aplikasi Android, MyShake yang dapat digunakan sebagai alat deteksi dini adanya gempa bumi disekitar kita dikembangkan oleh Universitas UC Bekeley Seismologicila Laboratory California AS.

Aplikasi ini memanfaatkan akselerometer super sensitif yang terdapat pada sistem GPS Ponsel. Seperti dimuat dalam deskripsi mengenai aplikasi ini di Play Store, pengembang dari aplikasi ini berharap dapat menciptakan kerapatan jaringan yang suatu hari dapat menyediakan peringatan dini terhadap gempa.  Data juga dapat di gunakan untuk studi proses gempa bumi sebagai bagian dari usaha berkelanjutan untuk mengurangi dampak dari gempa di masa mendatang.

Proses dari aplikasi ini adalah jika terjadi gejala mengkhawatirkan akan adanya getaran gempa, maka aplikasi akan melaporkan ke server pusat.  Data yang dikirim adalah sepaket dengan rekana waktu gejala yang terjadi, seperti lokasi dan besaran gempa. Jika laporan  yang terhimpun dari beberapa ponsel sekaligus di sekitar gempa  yang berdekatan maka server akan mengirim alarm balik ke pengguna aplikasi dalam hitungan detik. Waktu beberapa detik inilah yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mencari tempat perlindungan.


  • Ukuran aplikasi  12 M
  • Versi Android yang digunakan  :  Versi 4.1 ke atas
  • Jumlah Pemakai Android yang sudah memasang apps ini : 50.000-100.000
  • Pengguna yang memberikan rate lima bintang lebih dari seribu pengguna yang menandakan mereka cukup puas dengan aplikasi ini di smartphone mereka.

No comments:

Post a Comment